News Update :

Cara Menguasai Blog Secara Otodidak

Jumat, 23 Juli 2010

Cara Menguasai Blog Secara Otodidak - Di sini saya akan bercerita tentang proses yang saya lalui mulai dari "lahir" hingga beranjak "gede" dalam dunia blog. Tujuannya, biar sobat pemula seperti saya dapat mudah memahami langkah-langkah membuat blog.

Beberapa bulan yang lalu, saya pernah bermimpi (ketiban duren, hahaha) untuk punya blog sendiri seperti halnya sobat blogger yang sudah senior. Saya akhirnya mencari teman yang bisa mengajari saya untuk membuat blog, tapi... rupanya sulit juga menemukan orang yang tepat. Lama juga proses pencarianku (kayak kesatria aja, hihihi) sampai muncul rasa putus asa dan ingin melupakan mimpi itu.

Entah apa yang mendorongku untuk memanfaatkan OM Google yang "dermawan" (apa pun yang kita minta pasti diberi). Kata kunci yang saya gunakan untuk "meminta" di OM Google adalah "cara membuat blog". Rupanya banyak sekali artikel yang menjelaskan tentang cara membuat blog, sampai-sampai saya jadi pusing mau baca yang mana.

Hufh... Setelah mencoba untuk membuka salah satu artikel, bukannya pencerahan yang saya temukan, artikel tersebut malah menambah rasa pening (maklum orang awam, hehe). Akhirnya saya putuskan untuk beristirahat selama beberapa minggu untuk mengumpulkan semangat (kayaq mau perang aja...).

Pada kesempatan berikutnya, kucari lagi di OM Google dengan kata kunci "cara mudah membuat blog". Akhirnya ketemu dengan blogger senior yang menulis petunjuk membuat blog dengan langkah-langkah yang mudah dimengerti. Tidak cukup setengah jam, TADAAAA... akhirnya blogku sudah jadi. Tapi, kenapa ya tampilannya masih sangat sederhana, betul-betul tampilan "blog pemula"... Ah, istirahat lagi... Keesokan harinya, saya mencari lagi di OM Google, "cara mempercantik blog". Wow, banyak sekali artikel yang saya temukan, lagi-lagi terkendala dengan istilah yang digunakan (header, tab view, gadget, footer, post, pokoknya banyak deh). Rupanya kendala utama yang saya hadapi adalah tidak memahami istilah dasar dalam blogging ("mengerjakan" blog).

Akhirnya, saya putuskan tidak melangkah lebih jauh, cukup memahami istilah dasar itu. Seingatku, saya mencari di OM Google dengan kata kunci "istilah-istilah dalam blog". Artikel pertama yang saya temukan dan sangat bermanfaat berjudul "Kamus Istilah-Istilah Dalam Blog" (Klik di sini untuk membacanya). Dengan memahami itu, akhirnya kosa kata untuk mencari di google semakin bertambah karena kita sudah mengerti apa yang akan kita cari.

Nah, itu dulu yang sempat saya ceritakan, lain kali akan saya sambung. Mudah-mudahan ini dapat menjadi inspirasi bagi sobat-sobat yang ingin memiliki blog tanpa guru (kecuali OM GOOGLE).
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Cara Gratis Terbaru 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.