News Update :

Istilah-Istilah dalam Blogger/Website Bagian IX

Minggu, 31 Oktober 2010

Istilah-Istilah dalam Blogger/Website Bagian IX - Sobat-sobat, ini saya mencoba untuk posting tentang istilah-istilah dalam blogger. Postingan ini bukan murni dari saya (mana bisa, blogger saja bukan saya yang punya, jadi terserah blogger mau bikin istilah apa, hehehe). Istilah-istilah ini saya dapat dari blogger sennior, namanya Riekonaicha. Sebenarnya Istilah-istilah dalam blogger ini sangat banyak, tapi agar sobat tidak jenuh membacanya, maka saya pisahkan dalam beberapa bagian. Semoga bermanfaat.

TCP/IP (Transmission Control Protokol): adalah dua buah protokol yang dikembangkan oleh militer AS yang memungkinkan komputer pada jaringan dapat saling berhubungan. IP digunakan untuk memindahkan paket data antarsimpul. TCP dugunakan untuk memverifikasi pengiriman dari client ke server. TCP/IP adalah dasar internet dan dapat ditemukan pada semua system operasi modern, seperti Unix dan Windows.

Technorati: Layanan mesin pencari blog, yang memberikan informasi tracking blog, tautan link dan posting dari seluruh dunia. Sangat populer meskipun beberapa tahun belakangan mulai kehilangan perhatian. Salah satu fiturnya yang paling terkenal adalah daftar Technorati Top 100, yang memberikan ranking 100 blog terpopuler di dunia berdasarkan jumlah link dari blog lain.

Telnet: Telnet adalah protokol yang digunakan untuk menghubungi host yang berada jauh dari sebuah terminal. Koneksi ke host dari sebuah terminal yang menggunakan telnet dilakukan melalui internet. Setelah koneksi dilakukan, maka pengguna pada teminal dapat mengakses dan bekerja pada mesin yang dihubungi dengan Telnet.

Template: Dokumen berisikan model-model tampilan yang muncul pada saat proses pembuatan dokumen lain.

Text Link Ads: Suatu bentuk layanan periklanan online dimana si pemasang iklan membeli sebuah link di situs lain dengan teks yang ia pilih sendiri dan biasanya tanpa tag nofollow. Praktek ini sangat populer hingga kemudian Google mulai memberi penalti situs-¬situs yang menjual ataupun membeli teks link dengan tujuan untuk meningkatkan hasil pencarian search engine.

Theme: Kesatuan visual unik yang terdiri atas warna, huruf, gambar dan suara, dalam sebuah aplikasi.

Title: Tag HTML yang digunakan untuk memberikan judul tiap dokumen HTML.

Trackback: Sebuah tool networking, hampir sama dengan pingback, yang digunakan untuk memberi informasi kepada sebuah situs ketika seseorang menautkan link ke situs tersebut.

Transparent GIF: Transparent GIF adalah salah satu fitur standard GIF89a. Transparent GIF tetap menampakan latar belakang yang tidak tertutup bagian citra yang dipilih. Ketika dibuat, perancang dapat memilih salah satu warna transparan pada palette citra. Ketika ditampilkan, warna transparan yang dipilih dihilangkan.

Tutorial: Program petunjuk untuk menjalankan sebuah aplikasi.

Twitter: Sebuah layanan social networking dan microblogging yang kini sangat populer. Pengguna Twitter dapat “mengikuti” pengguna yang lain untuk mendapatkan updates berita terbaru dari mereka. Setiap update hanya boleh berisi 140 karakter, dengan atau tanpa hiperlink.

Unique Visitor: Unique visitor adalah jumlah pengunjung manusia yang masuk ke sebuah situs dalam jangka waktu tertentu, Katakanlah 3 orang mengunjungi sebuah blog pada hari yang sama, 2 orang mengunjunginya dua kali dan masing-¬masing membuka 5 halaman blog. Maka pada hari tersebut, blog ini memiliki 3 unique visitors,5 total visitors, dan 15 page views.

UNIX: UNIX adalah sistem operasi yang mendukung multi-user dan multitasking yang dikembangkan di Bell Labs pada awal tahun 1970-an. UNIX adalah salah satu sistem operasi pertama yang ditulis dengan bahasa pemrograman tingkat tingkat,yaitu C. Bell Labs mendistribusikan sistem opersi ini dengan kode sumbernya sehingga dapat diubah dan disesuaikan dengan kebutuhan yang khusus. Pada akhir tahun 1970-an terdapat banyak versi UNIX. Pada tahun 1982, AT&T memulai memasarkan UNIX. Karena banyaknya versi yang ada, ada kesulitan untuk membuat UNIX versi standard. Sampai saat ini, terdapat dua macam UNIX di pasaran: satu di produksi oleh AT&T yang dikenal dengan System V dan lainya dikembangkan oleh Barkeley University dan dikenal dengan BSD4.x (x=1, 2, 3). Karena portabilitas, fleksibilitas, dan ketangguhannya, UNIX menjadi sistem operasi pilihan untuk workstation. Linux adalah versi lain UNIX yang banyak digunakan untuk PC.

Upgrade: Upgrade adalah program yang dirilis untuk meningkatkan kemampuan program sebelumnya. Banyak perusahaan software meningkatkan kemampuan produk softwarenya secara berkala dengan menambahkan fitur dan fungsi baru

Upload: Proses mentransfer informasi dari sebuah komputer ke komputer lain/server melalui Internet.

URL (Uniform Resource Locator): Sebuah alamat yang menunjukkan rute ke file pada Web atau pada fasilitas Internet yang lain. URL diketikkan pada browser untuk mengakses suatu situs Web.

USB: Universal Serial Bus adalah port standard yang digunakan untuk menghubungkan piranti eksternal (seperti kamera digital, scanner, dan mouse) kekomputer dengan winadows 98 atau Machintosh. Standard USB mendukung kecepatan transmisi samapi dengan 12 Mbps. Piranti USb dapat juga dihubungkan atau lepas tanpa merestart komputer.

Viral Content: Konten yang menyebar dengan sangat cepat di dunia internet, seperti halnya virus flu dalam kehidupan nyata. Kontennya sendiri bisa berupa artikel, gambar, atau video, namun harus sangat lucu, kontroversial atau sangat bermanfaat sehingga orang merasa perlu untuk menulis tentangnya. atau memberitahu temannya mengenai hal tersebut.

Viral Marketing: Sebuah teknik pemasaran untuk menyebarluaskan informasi dengan cepat menggunakan sarana email, blog dan kabar dari mulut ke mulut. Banyak situs sosial media dan situs sosial bookmarking juga dipergunakan sebagai sarana viral marketing.
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Cara Gratis Terbaru 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.