News Update :

Merubah Ukuran Halaman Posting Blogspot

Senin, 20 Desember 2010

Artikel ini saya tulis untuk menjawab pertanyaan sobat saya soal Cara Merubah Ukuran Halaman Posting Blogspot ketika postingan di klik. Ini juga sekaligus sebagai pelengkap artikel sebelumnya. Jadi, artikel kali untuk membahas Cara Merubah Ukuran Halaman Posting Blogspot ketika postingan di klik. Misalnya pada halaman home, tampilan blog kita terdiri dari 2 sidebar, yaitu kiri dan kanan dan halaman posting berada di tengah, maka pada saat salah satu artikel blog kita di klik oleh pembaca, maka tampilan tersebut berubah, sidebar kanan atau kiri menghilang kemudian ukuran halaman posting berubah menjadi lebar (sesuai lebar maksimum body blog kita).

Akan tetapi, sobat harus tahu bahwa tidak semua template blogger memiliki id elemen yang sama, itu tergantung pembuat template tersebut. Jadi agak repot untuk menjelaskannya. Untuk mentaktisinya, berikut saya berikan contoh blog yang menggunakan template bawaan blogger (Template Blog ini telah saya ganti, tapi Insya Allah Fungsinya masih berjalan, kebetulan saya masih admin di sana, hihi) silahkan klik di sini. Saya memberikan contoh blog saya tersebut agar lebih mudah dipahami karena sepengetahuanku, semua template milik blogger memiliki id elemen yang sama.

Coba perhatikan blog Situs Fakta Islam (setelah tutorial ini diperbaharui, blog DEMO sudah diganti, insya Allah modelnya sama, dan ini hanya sekedar gambaran, jika agan bingung, silahkan bertanya di kotak komentar). Pada halaman home, terdiri dari halaman posting dan sidebar kiri dan kanan. Coba klik salah satu postingan, maka sidebar kiri akan hilang dan halaman postingan menjadi lebar (mudah-mudahan itulah yang dimaksud sobat saya, Kang Fahrur). Triknya sangat sederhana, hanya menggunakan kode berikut ini (kode ini berlaku untuk template blog lain):
<style type='text/css'>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
#sidebar-right-1 {display:none;}
.post {width:884px;border:2px solid #952842;}
.blog-pager {background: $(paging.background); width:884px;}
</b:if>
</style>
Keterangan:
  • Yang berwarna merah adalah perintah yang kira-kira maksudnya "jika halaman single page atau halaman postingan dikli, maka..."
  • Sidebar Kanan jangan ditampilkan atau tidak akan muncul, #sidebar-right-1 adalah id sidebar kanan (yang berwarna hijau)
  • Postingan akan berubah ukuran menjadi 884px, garis bordernya 2px dengan kode warna #952842 (lihat kode warna biru di atas)
  • Blog pager (yang bertuliskan postingan lama atau postingan baru; berada di bawah postingan) juga ikut bertambah lebar, yaitu 884px (perhatikan kode berwarna ungu di atas). Kenapa blog pager ikut dilebarkan? Agar serasi dengan halaman postingan yang juga lebar :)
Nah, ternyata Cara Merubah Ukuran Halaman Posting Blogspot ketika postingan di klik cukup simple... Mohon maaf jika saya tidak mampu menjelaskan dengan baik, soalnya butuh kasus untuk hal ini sebab sekali lagi, id elemen template blogger berbeda-beda, terutama jika kita menggunakan custom template (template yang didownload melalui penyedia template). Jika sobat ingin berdiskusi, bisa menghubungi facebook saya. Semoga Kang Fahrur dan juga sobat lainnya terbantu. Terima Kasih :)
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Cara Gratis Terbaru 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.