News Update :

Pengaruh Lingkungan Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa

Selasa, 19 April 2011

Pengaruh lingkungan kelas terhadap hasil belajar siswa - Lingkungan fisik sekolah (dan satuan lembaga pendididkan lainya) meliputi kondisi kelas dan kondisi di luar kelas.

Kondisi Ergonomik. Ergonomik merupakan studi tentang penerapan kaidah-kaidah teknologi terhadap peralatan yang digunakan untuk kesesuian dan keseimbangan kehidupan kemanusian, baik dalam beraktivitas maupun istirahat menuju peningkatan kualitas hidup. Dalam hal ini, tempat duduk siswa di sekolah perlu mendapat perhatian dari sisi ergonomik, karena kondisi tempat duduk berpengaruh terhadap kenyamanan dan konsentrasi belajar siswa, dan selanjutnya berpengaruh terhadap hasil belajar mereka. Di banyak sekolah, kondisi meja kursi yang digunakan siswa pada umumnya belum disesuaikan dengan kondisi fisik siswa sehingga kenyaman dan konsentrasi belajar dapat terganggu yang berpotensi merendahkan hasil belajar yang sesungguhnya. Kondisi fisik lainnya di dalam kelas adalah perbandingan besarnya ruangan kelas dengan jumlah peserta didik, pengaturan suhu udara dan cahaya. Ketidaknyamanan dan ketidakseimbangan unsur-unsur tekno-fisik itu semuanya dapat menganggu atau merendahkan keberhasilan proses pembelajaran.

Kondisi yang nyaman tidaklah hanya untuk fasilitas belajar saja, namun juga untuk bangunan gedung secara keseluruhan beserta kelengkapannya; termasuk di dalamnya laboratorium, bengkel, studio, fasilitas olahraga dan lain-lain. Demikian pula dengan pekarangan sekolah, dikehendaki lingkungan yang bersuasana cerah dan ceria, lega, sejuk, tenang dan nyaman. (Penulis tidak diketahui)
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Cara Gratis Terbaru 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.