News Update :

Memahami Struktur Dasar Link Menu Blog

Jumat, 24 Juni 2011

Memahami Struktur Dasar Link Menu Blog - Halo sob, apa kabar semuanya? Kali ini, saya akan berbagi tentang "struktur dasar menu blog". Tentu artikel ini sangat biasa bagi sobat yang udah "senior" dalam ngeblog, tapi tentu masih banyak sobat yang baru memulai ngeblog dan ingin membuat link menu di blognya. Ada beberapa artikel yang sebaiknya dibaca setelah membaca tutorial ini, yaitu 1) Cara Membuat Menu Horizontal Dropdown di Blogspot, 2) Cara membuat Submenu Setelah Menu Utama dan 3) Cara Mengedit Menu Horizontal Dropdown.

Jika Sobat ingin belajar membuat menu sendiri, silahkan buat kode seperti di bawah ini pada Gadget/Widget HTML:
<ul>
<li><a href="Ganti dengan Link yang diinginkan">Menu 1 (ganti dengan nama lain)</a></li>
<li><a href="Ganti dengan Link yang diinginkan">Menu 2 (ganti dengan nama lain)</a></li>
</ul>
Jika sudah membuatnya, silahkan SAVE dan lihat hasilnya. Jika ingin menambahkan Menu 3, buat saja kode baru seperti pada Menu 1 dan Menu 2. MENU BLOG KITA SUDAH JADI. Sangat simple kan sob? Kenapa saya hanya memberi contoh yang simple? Selain karena repot sob, juga akan lebih mudah dipahami jika kita mulai dari yang paling mendasar. Sebab, menurut pengalaman saya sob, terkadang kita ingin segera blog kita tiba-tiba terlihat profesional dari sisi tampilan tapi kita tidak ingin repot dan memulainya dari nol.

Oya kita kembali ke contoh di atas. Pertanyaannya adalah, kenapa tampilannya kurang menarik? Itu karena menu di atas baru dasar, cukup sobat memahami dan menguasai kode di atas dulu. Persoalan tampilan adalah yang ke-2. Jika sudah memahami dan menguasai Kode Dasar menu di atas, baru sobat belajar untuk memodifikasi tampilannya. Artikel mendatang, Insya Allah saya akan jelaskan tentang Cara Memodifikasi Tampilan Menu Blog. Hanya gambaran umum, untuk memodifikasi tampilan menu, kita harus menambahkan KODE CSS. Di dalam tutorial yang lain, yaitu Cara Membuat Menu Horizontal Dropdown di Blogspot, saya sudah memberikan kode CSSnya, itu menu yang bisa langsung jadi. Tapi mungkin sobat masih butuh penjelasan yang lebih detail.

Oke semoga sobat tidak putus asa untuk belajar. JANGAN TAKUT UNTUK MENCOBA DAN GAGAL
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Cara Gratis Terbaru 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.