News Update :

Pentingnya Melakukan Yoga

Sabtu, 27 Agustus 2011

Pentingnya Melakukan Yoga
r3zhyserenade.blogspot.com
TRIBUNNEWS.COM - Bingung memilih olahraga apa selama puasa? Anda bisa mencoba yoga atau olahraga lain. Keduanya memiliki manfaat yang hampir sama sehingga layak untuk dikombinasikan.

Selama puasa banyak orang mengurangi aktivitas beban mereka, termasuk olahraga. Padahal berolahraga selama puasa bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Instuktur Yoga dari Social Yoga Club Yudhi Widdyantoro mengemukakan bahwa yoga sama halnya seperti puasa. Yoga diibaratkan sebagai meditasi yang bergerak. Keduanya sama-sama menenangkan dan memfokuskan pikiran.

Puasa juga dianggap memiliki efek positif pada kesehatan pencernaan. Dan dalam kacamata yogi, Yudhi menuturkan sehat itu bukan artinya tidak ada penyakit, melainkan semua organ-organ dalam tubuh berjalan sesuai fungsinya.

Tidak ada perbedaan yang signifikan antara yoga bila tidak puasa dengan yoga selama puasa. Yoga merupakan olahraga yang tidak membutuhkan beban besar dan terfokus pada keseimbangan pikiran, jiwa dan raga.

"Bila kita melakukan yoga selama puasa, pikiran akan lebih fokus sehingga niat kita untuk berpuasa dan meningkatkan iman juga akan semakin lancar," katanya.

Untuk lamanya aktivitas, Yudhi menyebutkan tidak ada bedanya dengan olahraga lain. Jika orang disarankan melakukan olahraga setidaknya 10 sampai 15 menit setiap hari di pagi, begitu juga dengan yoga.

Ritme latihannya pun sama dengan olahraga lainnya, ada pemanasan, lalu meningkat menjadi aktivitas inti dan menurun ke arah pendinginan.

"Yang terpenting dalam satu sesi ada postur berdiri untuk energizing, duduk, jongkok dan tidur untuk relaksasi," jelasnya.

Dengan yoga seseorang bisa menyimpan dan menambah energi yang meningkatkan kesadaran. Alhasil pikiran lebih tenang dan puasa menjadi lebih lancar.
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Cara Gratis Terbaru 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.