News Update :

Tips: Cara Memulai Bisnis dari Nol

Sabtu, 12 November 2011

Tips Cara Memulai Bisnis dari Nol
Tips: Cara Memulai Bisnis dari Nol - Memulai bisnis bagi sebagian besar orang adalah hal yang rumit dan terkadang membuat kita putus asa. Itulah sebabnya, banyak orang yang memutuskan untuk "pensiun" dini dari bisnisnya sebab merasa tidak mampu atau tidak cocok dalam bisnis. Jangan sampai hal ini terjadi pada sobat pembaca.

Memulai bisnis bukanlah sesuatu yang mudah, namun bukan juga sesuatu yang rumit. Pada kesempatan ini, anekanews akan mencoba berbagi "semangat" dalam hal memulai bisnis.

Apa yang kita butuhkan dalam memulai bisnis? Sebagian orang menganut paham bahwa hal pertama yang kita butuhkan adalah MODAL. Jangan mengikuti paham ini, sebab anda akan menjadi orang yang berputus asa. Sebab tidak ada pihak donatur yang bakal memberi modal tanpa usaha terlebih dahulu. Jadi, apa yang kita butuhkan untuk memulai bisnis?

1. Bangun mental anda
Mental saya tempatkan pada posisi pertama sebab hal ini yang "menggerakkan" kita. Mental, dalam bahasa saya ini, mungkin sama dengan apa yang disebut orang sebagai tekad, atau semangat, atau keinginan yang kuat, atau apa saja. Yang pasti, mental yang saya maksudkan di sini adalah semua yang bersifat psikologis, termasuk tekat, semangat, orientasi dan sebagainya.

Tanamkan dalam jiwa anda bahwa "semua orang bisa menjadi pengusaha yang sukses". Sangat banyak koq kisah-kisah pengusaha yang sukses dan kaya raya yang berangkat dari nol alis tidak punya uang sedikit pun, kecuali utang, atau pas untuk makan sekali atau sehari (silahkan kumpulkan buku kisah pengusaha sukses sebanyak-banyaknya jika tidak percaya).

2. Belajar Membangun Hubungan Baik dengan orang lain
Percaya tidak bahwa rejeki itu diturunkan Tuhan melalui orang lain? Jika tidak percaya, silahkan cari tempat tinggal yang tidak seorang pun yang hidup di sana, yah seperti Tarzanlah, hehehe bercanda. Tarzan aja g mampu hidup tanpa teman-teman binatangnya, hmmm.

Bisnis apa pun yang sobat pembaca rencanakan, pasti membutuhkan orang lain untuk membesarkannya. Tapi itu tidak penting dalam pembahasan kita kali ini. Mengapa tidak penting? Sebab bukan hal itu yang ingin kusampaikan. Yang paling mendasar adalah belajarlah "bersikap baik pada orang lain" dan itu harus benar-benar tulus, bukan karena ada niat berbisnis. Belajar menghargai pendapat orang lain, belajar berempati atau merasakan kebutuhan orang lain, dan terpenting, "jangan membeda-bedakan" atau "pilah pilih teman". O'ooo, ini tidak mudah, sebab ketulusan itu harus benar-benar dari hati kita yang suci, hmmmmm

Mengapa ini penting? Mana hubungannya dengan bisnis? Jelas penting, sebab orang lain itu, tak satu pun yang mau menerima orang yang "kurang atau tidak baik". Bahkan orang jahat pun sangat senang pada orang yang baik, iya kan? Jika anda sudah menjadi orang yang baik secara tulus dan benaaaaaar-banar tulus, saya yakin anda tidak akan sulit untuk memulai bisnisnya.

3. Belajar untuk tidak meminta pada orang lain
Wow, kalau lagi kere, susah banget klo tidak meminta. Saya sarankan agar tidak meminta apa pun dari orang lain. Sebaiknya perbanyak berdoa. Jika benar-benar terdesak, sebaiknya sobat pembaca memilih untuk "berutang", dan yakinkan orang lain dan diri anda bahwa anda bisa membayarnya.

Kebiasaan meminta akan membuat kita lemah dalam berusaha. Padahal, inti dari bisnis adalah usaha sendiri. Tanamkan rasa malu untuk meminta pada orang lain, dan yakinlah bahwa tidak ada satu pun orang yang mati kelaparan selama dia mau berusaha.

Hmmm, sudah lelah menulis sob, cukup sekian dulu yah, sebenarnya masih ada yang bisa kita diskusikan, tapi Insya Allah akan saya lanjutkan pada kesempatan yang lain. Semoga bermanfaat. Kalau mau diskusi silahkan berkomentar
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Cara Gratis Terbaru 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.