News Update :

Cara Membuat Blog Gratis di Wordpress

Sabtu, 17 April 2010

Cara Membuat Blog Gratis di Wordpress
Cara Membuat Blog Gratis di Wordpress - Jika ditinjau dari sudut ekonomi, blog terdiri dari 2 macam, yaitu yang berbayar alias tidak gratis dan yang super hemat alias gratis. Jika dibandingkan dari fitur-fiturnya, blog yang berbayar jauh lebih lengkap dan bahkan kita dapat memperoleh uang tanpa harus bersusah payah mondar-mandir melamar pekerjaan (tidak sedikit orang yang menggunakan cara ini untuk mencari uang). Sedangkan blog gratisan tidak dapat dijadikan sebagai lahan pekerjaan, namun sudah cukup baik jika hanya sekedar menulis, baik itu pengalaman, rekeasi, ilmu pengetahuan atau hal-hal lainnya.

Atas permintaan dari salah satu teman baik saya, akhirnya saya membuat tulisan ini dengan judul "cara membuat blog gratis". Mengapa saya memasukkan kata "gratis" pada judul ini? Karena blog yang saya gunakan ini adalah blog gratis dari wordpress, dan saya sendiri belum berpengalaman membuat blog berbayar atau blog yang lebih profesional.
Sebenarnya membuat blog gratis itu sangat mudah, apalagi jika membuat blog di wordpress. Yang dibutuhkan hanya kemampuan memahami semua petunjuk yang diberikan, kemudian ketekunan untuk menulis.
Bagaimana caranya?
  1. Anda harus mendaftar dulu (klik di sini untuk mendaftar). Setelah anda meng-klik link tersebut, akan ada kotak isian yang harus diisi lengkap.
  2. Pada kotak isian nama, tulislah nama yang akan anda tampilkan di blog. Misalnya untuk blog ini, saya isi dengan nama "soe86". Usahakan tulis nama yang unik untuk anda karena ini akan memperoleh nilai tambah dari wordpress.
  3. Password. saya pikir para pembaca sudah mengerti, gunakan password yang rumit tetapi anda mudah mengingatnya.
  4. Email. Isi dengan email yang valid karena konfirmasi akun akan dikirim ke email tersebut. Alangkah lebih baiknya jika anda membuat email baru yang khusus digunakan untuk mengelola blog anda. Saya menyarankan untuk membuat email di www.gmail.com. Selain karena sulit untuk dijahili, email ini juga akan mempermudah anda untuk mempublikasikan blog di google.
  5. Bahasa. Di sini anda diminta untuk memilih bahasa yang digunakan untuk mengelola blog. Jika merasa lebih mudah atau lebih senang dengan bahasa Indonesia, pilihlah bahasa Indonesia karena petunjuk maupun fitur-fitur untuk mengelola blog akan menggunakan bahasa yang anda pilih.
  6. Setelah semua terisi dengan lengkap, selanjutnya pilih "berikutnya". Nah, masih ada yang perlu di isi, tetapi saya pikir tidak usah menjelaskannya karena anda akan mudah mengerti jika anda langsung mempraktekkannya.
  7. Terakhir, akan ada ucapan selamat dari wordpress. Periksa email anda (email yang telah anda isikan sebelumnya), kemudian klik link verifikasi yang diberikan dalam email, silahkan sign in. Setelah anda masuk, cari kata Dasbor kemudian klik kata itu, dan akan muncul tampilan di mana anda dapat mengelola blog anda.
Catatan untuk pemula, tulisan, atau apa saja yang akan anda tampilkan di blog, itu dikelola di dasbor. Jadi, semua pengaturan blog ada di sini, tinggal anda memilih "apa yang akan anda lakukan". Misalnya anda ingin menulis sebuah cerpen, carilah kata tulisan, kemudian klik "buat tuisan baru". Jika anda ingin menerbitkannya, pastinya harus diklik kata "terbitkan", jika anda akan mengakhiri tulisan namun belum ingin menerbitkannya, anda klik kata "simpan konsep".

Saya pikir seperti itulah petunjuk ringkas ini. Intinya adalah kemampuan kita untuk membaca dengan cermat setiap kata yang ada. Jika butuh konsultasi, silahkan berkomentar di kotak komentar (lihat di bawah), Insya Allah akan saya layani, hehehe. SELAMAT MENCOBA!!!
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Cara Gratis Terbaru 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.