News Update :

Istilah-Istilah dalam Blogger/Website Bagian III

Minggu, 29 Agustus 2010

Istilah-Istilah dalam Blogger/Website Bagian III - Sobat-sobat, ini saya mencoba untuk posting tentang istilah-istilah dalam blogger. Postingan ini bukan murni dari saya (mana bisa, blogger saja bukan saya yang punya, jadi terserah blogger mau bikin istilah apa, hehehe). Istilah-istilah ini saya dapat dari blogger sennior, namanya Riekonaicha. Sebenarnya Istilah-istilah dalam blogger ini sangat banyak, tapi agar sobat tidak jenuh membacanya, maka saya pisahkan dalam beberapa bagian. Semoga bermanfaat.

DHTML: DHTML (dynamic HTML) adalah HTML dengan tambahan format-format khusus dan script untuk membuat halaman-halaman Web lebih interaktif. Meski baik Microsoft Internet Explorer 4.0 dan Netscape Communicator 4.0 mendukung fitur-fitur DHTML, kedua cara yang digunakan tidak kompatibel, sehingga sebuah halaman yang ditulis dengan DHTML mungkin terlihat baik pada salah satu browser tetapi tidak bisa dibuka dengan baik pada browser lainnya.

Digg: Situs social bookmarking paling terkenal di dunia. Pada dasarnya Digg adalah sebuah situs yang dihidupi oleh penggunanya, dimana anggota komunitas Digg memberikan vote terhadap sebuah artikel yang akan tampil di halaman depan situs tersebut. Bagi kebanyakan pemilik situs, tampil di halaman depan Digg adalah sebuah kebanggaan. Ia bisa memberikan ribuan pengunjung hanya dalam waktu sehari. Meskipun demikian, terdapat kontroversi terhadap kualitas traffic pengunjung yang datang dari Digg karena pengunjung biasanya jarang kembali lagi dan jarang meng¬klik iklan.

Domain: Juga dikenal sebagai nama domain atau nama hosting domain, adalah nama situs atau blog yang tercatat di dalam dunia internet. Contoh nama domain adalah Yahoo.com.

Domain Name Service: Sistem database terdistribusi yang tidak akan banyak terpengaruh oleh bertambahnya database.

Domain Name Sistem: 1. Sistem yang menerjemahkan antara alamat IP dan host name Internet. 2. Sistem pemberian alamat yang digunakan dalam lingkungan Internet. Intinya memberi nama lain pada alamat Internet Protocol yang terdiri dari dua bagian, yaitu identitas organisasi (nama organisasi) dan jenis organisasi (.com, .edu, .net, dsb).

Duplicate Content: Konten hasil duplikasi (biasanya berupa teks/artikel) dalam sebuah situs atau blog. Mesin pencari (misalnya Google Search Engine) cenderung menjatuhkan penalti untuk situs atau blog dengan konten-¬konten hasil duplikasi.

E-mail: Surat menyurat melalui Internet. Pengguna dapat saling bertukar berita. Berita-berita itu akan dikumpulkan dalam sebuah file untuk pengalamatan yang berupa mailbox, sehingga pengguna dapat membaca berita yang ditujukan kepadanya kapan saja.

E-mail Address: Alamat yang dipakai.

Edit: Kegiatan memodifikasi format suatu keluaran atau masukan dengan jalan menyisipkan atau menghapus karakter.

Editor Program: Program khusus yang mempermudah pengguna melakukan koreksi, ,penyisipan, modifikasi, penghapusan dalam program atau data yang ada.

Electronic Bulletin Board: Papan pengumuman elektronik yang terdapat di suatu system jaringan. Umumnya berisi berita-berita terbaru. Pengguna dalam sistem jaringan tersebut dapat membacanya ataupun menempatkan berita ke dalamnya untuk dibaca pengguna lain.

Emoticon: Simbol yang dibuat dengan keyboard untuk menjelaskan emosi pengguna komputer yang bersangkutan dengan lambang-lambang.

Encryption: Penerjemahan data menjadi kode rahasia. Enkripsi adalah cara yang paling efektip untuk memperoleh pengamanan data. Untuk membaca file yang di-enkrip, kita harus mempunyai akses terhadap kata sandi yang memungkinkan kita men-dekrip pesan tersebut. Data yang tidak di-enkrip disebut plain text, sedangkan yang di-enkrip disebut cipher text.

Favicon: Kependekan dari “Favorite Icon”, adalah sebuah ikon yang diasosiasikan dengan logo sebuah situs atau blog dan akan muncul pada bagian browser atau bagian bookmark. Favicon dimaksudkan untuk memudahkan mengidentifikasi sebuah situs atau blog.

Feed: Disebut juga feed web atau feed news, adalah sebuah format data yang digunakan di dunia internet untuk memudahkan penggunanya mendapatkan updates artikel dari situs atau blog favoritnya. Terdapat dua jenis format utama feed: RSS Feed dan Atom Feed.

Feed Count: Biasanya merujuk pada widget dari FeedBurner yang berfungsi memberikan laporan jumlah pelanggan RSS pada suatu situs atau blog.

FeedBurner: Sebuah perusahaan online milik Google yang menyediakan layanan RSS Feed. FeedBurner merupakan layanan gratis yang menyediakan RSS Feed dengan berbagai fitur menarik, dan memudahkan pemilik situs atau blog mengumpulkan data statistik RSS Feed situs atau blognya.

File: File terdiri dari sekumpulan record-record yang saling berhubungan. Setiap record memiliki nomor yang disesuaikan dengan posisinya dalam file.

File Name: Nama yang diberikan pada sebuah file oleh pembuatnya. Tujuannya adalah supaya mudah diingat dan mudah pula mencarinya.

File Sharing: Kemampuan suatu jaringan untuk mengijinkan pemakaian file oleh beberapa pengguna pada saat yang bersamaan.
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Cara Gratis Terbaru 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.