News Update :

Cara Menanak Nasi yang Enak dan Tidak Mudah Basi

Rabu, 02 Maret 2011

Aneka Resep Masakan
Cara Menanak Nasi yang Enak dan Tidak Mudah Basi. Nasi yang enak dan tidak mudah basi tentunya kita harapkan, tetapi sering sekali kita temukan nasi yang lembek dan cepat sekali basi atau bau, meskipun beras yang kita masak tesebut berasal dari beras yang baik. Hal ini sebenarnya tidak akan terjadi jika kita telah mengetahui cara menanak nasi yang baik sehingga nasi menjadi enak dan tidak mudah basi. Caranya sangat mudah, yaitu sebagai berikut:

  1. Cucilah berasnya sampai bersih, kemudian dimasak dengan menggunakan panci. Setelah mendidih atau airnya habis (Jawa: asat) atau nasi sudah setengah masak maka panci diturunkan.

  2. Isilah panci serba guna (Jawa:soblong) dengan air sampai batas dan ditutup, kemudian dimasak sampai mendidih.

  3. Sebelum nasi dituangkan ke dalam panci serba guna, pada tutup panci yang berlubang-lubang itu yang terletak di dalam panci diberi alas kain atau beberapa lembar daun pisang, baru nasi yang setengah matang tersebut dimasukkan ke dalam panci serba guna kemudian ditutup.

  4. Tunggulah nasi tersebut sampai masak. Hasilnya tidak akan mengecewakan, kita akan memperoleh nasi yang enak dan tidak mudah basi.

Bagimana halnya jika yang akan kita masak berasnya jelek, bau apek dan rasanya tidak enak atau hambar? Caranya sangat mudah, ikuti langkahnya berikut ini:
  1. bilasan air untuk mencuci berasdiambil setengahnya, kemudian air tesebut diberi satu sendok makan kapur sirih, lalu diaduk di dalam air bilasan tersebut.

  2. Beras yang akan dimasak direndam lebih dahulu di dalam campuran kapur sirih tersebut selama kurang lebih 15 menit.

  3. Setelah itu beras yang sudah direndam dibilas atau dicuci dengan air bersih sampai bersih.

Demikianlah cara menanak nasi yang enak dan tidak mudah basi. Semoga bermanfaat.
Sumber:
Sutarto, Tutik N, Sutarto. 2005 (cetakan ke-4). Aneka Pengetahuan Praktis. Jakarta: PT MUSI PERKASA UTAMA
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Cara Gratis Terbaru 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.