News Update :

Peran Sekolah dalam Dunia Pendidikan

Jumat, 01 April 2011

Peran Sekolah dalam Dunia Pendidikan
Peran Sekolah dalam Dunia Pendidikan - Sekolah memang sering dikaitkan dengan pembawaan seseorang di masyarakat. Seseorang yang memiliki sikap kurang baik dianggap tidak pernah mengecap bangku sekolah. Sebaliknya, seseorang yang memiliki perangai baik akan sangat dihormati dan dihargai atas perjuangannya mengenyam pendidikan sekolah.

Bagaimanapun, sekolah tidak bisa dihilangkan dari peradaban manusia. Jika sebuah bangsa ingin dinilai maju, kualitas pendidikan warganya harus ditingkatkan. Pertanyaannya, dari mana pendidikan itu diperoleh? Salah satunya, dari sekolah sebagai salah satu, bahkan satu-satunya, lembaga pendidikan resmi.

Sekolah Sebagai Rumah Kedua
Ungkapan sekolah sebagai rumah kedua bagi anak tampaknya kurang tepat karena yang terjadi adalah sebaliknya. Ya. Sekolah merupakan rumah pertama bagi anak, sedangkan guru adalah orangtua pertama. Mengapa demikian? Anak cenderung lebih banyak menghabiskan waktu di sekolah bersama guru dibanding di rumah bersama orangtua

Bayangkan saja, anak berada di sekolah sejak pukul 07.00 hingga pukul 13.00 atau 14.00. Selesai belajar di sekolah, kadang anak melanjutkan proses belajar di tempat les hingga sore. Belum lagi, anak menghabiskan waktu di luar rumah untuk bermain. Dengan demikian, dapat dihitung berapa lama anak berada di rumah.

Guru pun dapat dikatakan sebagai orangtua pertama karena setiap hari berjumpa dengan anak dan mengajarkan berbagai ilmu pengetahuan. Sementara di rumah, berapa jam anak bertemu dengan orangtua? Apalagi, diajari tentang banyak hal. Bertemu orangtua akan menjadi sesuatu yang sangat mahal bagi anak jika kedua orangtua sibuk bekerja.

Peran Sekolah dalam Pendidikan
Sekolah memang sengaja dirancang sebagai lembaga pendidikan. Keberadaan sekolah sangat penting karena kemajuan zaman sudah menuntut generasi muda untuk mendapatkan pengetahuan lebih yang tidak mungkin didapatkan di rumah. Peran sekolah pun akan semakin diperlukan seiring kemajuan kehidupan masyarakat.

Sebagai pusat pendidikan, sekolah dapat menjalankan fungsi pendidikan secara optimal dengan cara mengembangkan kemampuan anak guna meningkatkan kualitas hidup dan martabat bangsa. Jika generasinya pintar, bersiaplah untuk menjadi bangsa yang maju!

Fungsi Sekolah
Berikut ini merupakan beberapa fungsi sekolah sebagai lembaga pendidikan.
  1. Mempersiapkan anak untuk terjun ke dunia kerja hingga memperoleh sebuah pekerjaan yang layak. Setidaknya, dengan modal ijazah, seseorang akan lebih mudah mendapat pekerjaan dibanding yang tidak sekolah.
  2. Memberikan berbagai keterampilan dasar bagi anak.
  3. Membuka peluang untuk memperbaiki jalan hidup atau nasib.
  4. Menyiapkan tenaga ahli pembangunan.
  5. Membentuk jiwa-jiwa manusia yang dapat bersosialisasi dan berbaur dalam lingkungan masyarakat.
  6. Mendidik dan mengajarkan norma-norma.
Itulah beberapa peran dan fungsi sekolah sebagai lembaga pendidikan dalam membangun generasi yang berkualitas. Dengan pendidikan, seseorang diharapkan mampu membawa diri dalam lingkup kehidupan sosial. Jangan pernah berpikir bahwa pendidikan itu tidak penting, Itulah Peran Sekolah dalam Dunia Pendidikan.
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Cara Gratis Terbaru 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.